Berita

Cari tau berita terbaru tentang properti

Tips Agar Rumah Cepat Laku

Bila Anda merencanakan untuk menjual rumah Anda dalam waktu dekat ini, mungkin Anda dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

NEGOSIASI

Sebelum menentukan harga, perkirakan kemungkinan calon pembeli untuk menawar. Pada umumnya semua calon pembeli pasti menawar. Berilah ruang batas untuk tawar menawar, sehingga tidak kaku dalam bernegosiasi. Pikirkan kemungkinan yang dapat membantu untuk ditawarkan, seperti contohnya selisih harga dapat dijembatani oleh KPR (Kredit Pemilikan Rumah). segala opsi yang membantu bisa saja ditawarkan seperti juga cara pembayaran yang lunak atau jangka waktu pengosongan yang lebih fleksibel.

STATUS DOKUMEN

Kadang kala sertifikat hak milik (SHM) lebih  mempunyai posisi tawar lebih tinggi daripada sertifikat hak guna bangunan (SHGB). Juga untuk surat girik, Jika memungkinkan, tingkatkan dulu statusnya menjadi sertifikat.

HARGA

Anda harus mengetahui harga pasar di sekitar lokasi anda. Bisa saja anda mendapatkan harga tersebut dari rumah yang terdekat yang sedang dipasarkan. Tetapi harga penawaran rumah lain kadang bisa saja relatif lebih tinggi ataupun malah sebaliknya lebih rendah dari harga pasaran. Namun yang paling penting yaitu, anda bisa mendapatkan harga rata-rata beberapa rumah sejenis yang sudah laku terjual untuk dijadikan sebagai pedoman dalam mematok harga.

PROMOSI

Banyak sarana berpromosi seperti iklan baris di koran harian, iklan kotak di majalah infoiklanrumah, spanduk , internet, ataupun melalui jasa perantara agen properti yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tentukan yang paling tepat untuk rumah Anda.

RENOVASI

Perbaikilah bagian rumah yang rusak, meskipun hanya sekedar “make up” dan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Misalnya plafon yang rusak karena bekas bocor sebaiknya diganti dan di cat ulang. Juga hal hal lain yang kesannya kotor bisa dibersihkan terlebih dajulu. Juga taman dan tanaman dirapikan sebisa mungkin. Semua upaya ini untuk menghindari calon pembeli memperhitungkan kerusakan yang harus mereka perbaiki.

Sumber : Infoiklanrumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *